Subscribe Us

Gubernur Sumsel Minta Kepala Daerah Waspadai Karhutla


Prabumulih, LapartaNews - Penjabat Gubernur Sumatera Selatan didampingi unsur Forkopimda melaksanakan Apel dan Simulasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2024 di Halaman Griya Agung Palembang, Sabtu (20/07/2024).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan  bertujuan untuk memastikan kesiapan seluruh personil dan prasarana penunjang dalam penanganan karhutla di Sumatera Selatan.

Menteri Koordinator Perekonomian Dr. Hc. Ir. Airlangga Hartarto M.B.A., M.M.T mengatakan bahwa Sumatera Selatan merupakan wilayah yang subur untuk pertanian dan perkebunan sehingga usaha pencegahan karhutla harus lebih baik lagi terutama di lahan gambut yang banyak menimbulkan kerugian.

Untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan saat memasuki musim kemarau seperti saat ini, tim gabungan satgas pengendalian kebakaran hutan, kebun dan lahan sebagai unsur Sub Satgas Darat akan melakukan patroli di daerah yang rawan kebakaran.

Sebab selain faktor alam, kebakaran hutan dan lahan sering juga disebabkan oleh kesengajaan manusia yang melakukan pembakaran lahan tidak terkendali baik untuk kepentingan pribadi maupun bisnis, atau sekedar membuat api unggun dan membuang puntung rokok di hutan.

Kebakaran hutan dalam cakupan yang luas bisa berdampak buruk pada lingkungan dan kesehatan. Untuk itu selain petugas, masyarakat juga diharuskan menjaga lingkungan sekitar sehingga karhutla bisa sama-sama dicegah agar tidak menimbulkan kerugian.

Terkait karhutla di Kota Prabumulih, Pj Walikota H. Elman, ST., MM berpesan dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan sekitar, khususunya bagi yang ingin membuka lahan agar tidak dilakukan dengan cara membakar.

Turut hadir dalam acara tersebut Gubernur Jambi, Kapolda, Pangdam, Kajati, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Danrem, Danlanal, Danlanud, dan tamu undangan lainnya. (Rill)

Posting Komentar

0 Komentar